ketika ingin ku genggam mentari senja di ufuk barat, namun hanya sekilas bayangan yang mampu ku tampung dengan sebuah rekahan senyuman..

Sabtu, 29 Juni 2013

Dunia Nyata

Hai long time no write. Just enough to miss it. Ah miss so bad.

Apa kabar ?
Banyak hal yg belum sempat tertuang dalam sajak yg biasa dulu gue tulisi.
Sangat rindu tentunya.

Alhamdulillah kali ini Allah ngasih rejeki lebih buat gue. Selangkah lebih dulu dr apa yg sebenernya didamba seorang mahasiswa pada umumnya di angkatan gue. Kalo bicara tentang perjuangan menggapainya, tidaklah mudah pastinya. Banyak hal yang musti gue korbanin. Termasuk salah satu syarat wisuda gue nyaris gagal gue raih yang pada akhirnya memang gagal gue raih. Selembar kertas itu ga bisa gue dapetin broh.

Awal perjalanan gue dulu dipenuhi dengan segala macam tes dan ujian. Lokasi disana disini disitu, Mana gue tau. Sebagai seorang yg termasuk baru untuk dibilang sebagai warga kota Padang, gue ga begitu tau tempat-tempat dikota itu. Jadilah setiap panitia menghubungi gue buat datang ke lokasi itu, setiap itu juga gue selalu menghubungi Papa. Ngadu karena ga tau tempat ini tempat itu dimana. Apalagi untuk lihat lokasi awal pengumuman aja bingung mau minta bantuan sama siapa. Kata temen kalo pengen tau sama kota Padang, cari teman yang anak Padang juga. Tapi hari itu ga mungkin, mau ga mau gue minta temenin sm satu-satunya temen skolahan gue yg sejurusan buat nemenin. Pinjem motor temen yang lain juga tuh. Modal hari itu nekat. Karena kami sama-sama bukan orang Padang. Ke Padang pun yg tau cuma Pasar Raya, Plaza Andalas dan Basko.  Kata temen gue anak Padang daerah yg pengen gue tuju itu jauh, apalagi kalo bisa cewe jangan sendiri kesana. Tiap persimpangan kami berhenti sms temen yg anak Padang. Trus gue juga sms senior, karena menurut gue perjalanan kami sudah cukup jauh tp belum sampai-sampai juga. Gue bilang kalo kami nyasar.
Trus tes selanjutnya karena Papa tau gue itu paling ga bisa kalo pergi ke tempat yg belum pernah dikunjungi apalagi diketahui dengan sendiri. Jadilah setiap tes Papa selalu jemput ke Padang buat nganterin ke tempat tes. Dan mama udah nyiapin peralatan yg gue butuhin dr rumah termasuk make up. Soalnya mama tau kalo gue itu ga pernah pake make-up ke kampus. Apalagi punya.
Mana gue musti nyari sepatu tinggi pula. Aih ke kampus aja gue pake sepatu kets. Sepatu yg mencerminkan gue wanita sungguhan itu ngga adaa. Pinjem sana sini tuh.
Setiap gue tes, setiap itu pula gue bolos kuliah. Ntah sejak bulan apa, tiap jum'at gue selalu ga pernah ngampus. Dosenpun heran -_-
Harap-harap cemas menjelang pengumuman. Waktu tanda tangan kontrak lusanya gue langsung pelatihan seminggu. Bisa dibilang karantina lah. Soalnya selama seminggu dr pagi sampe malam training gitu.
Papa cuma nunjukin ini lokasi pelatihan gue. Dan gue bingung mau pergi sama apa ? -_-
Alhamdulillah waktu itu ada malaikat baik hati yg nolongin gue. Dia yang anterin gue, yang jemput gue abis pelatihan dan juga nyemangatin gue selama pelatihan.
Waktu akhir karantina gue dijemput Mas, waktu tau penempatan gue ga sesuai dengan yang ada dipikiran dia ekspresi wajahnya sedih kali. Sepanjang perjalanan emang dihabiskan buat cerita bareng. Karena setelah itu gue tau kalo kami ga bisa sering ketemu. Ga tau kenapa kami dekat setelah kami ga sekampus lagi. Dan itu sedih kali pastinya.
Sebelum pelatihan gue sempetin ngampus juga. Yah mesti hari itu jadwalnya cuma pratikum doank. Liat temen-temen rasanya sedih kali. Meskipun baru se-semester lebih bareng mereka tapi nyaman aja punya temen kaya mereka. Mereka juga bakal jadi orang yang paling dikangenin. Banyak hal yang dilewatin bareng mereka. Dari ospek lah, pra pelantikan dan kegiatan-kegiatan lainnya. Juga termasuk bareng-bareng dihukum senior.
Kadang sedih kali kalo baca sms dari mereka, inbox ataupun mention twitter dari mereka yang semua bilang kangen. Kadang-kadang gue juga sempetin mampir ke padang untuk sekedar ketemu sama mereka doank.
Sama temen-temen diasrama dan sekamar apalagi. Kangen berat tentunya.
Hari itu terakhir karantina. Setelah mas jemput antar ke asrama dan cerita. Gue langsung telfon papa kapan bisa pulang. Kata Papa paginya aja ntar dijemput. Ga lama berselang Papa bilang, malam itu juga pulang. ah ngepacking barang gue malam itu. Untung dbantuin sama temen-temen dikamar.terharu pengen nangis rasanya. Gue masih punya waktu dua jam sebelum papa nyampe untuk ngepacking barang.
Jam udah nunjukin jam 1 dini hari. Dan papa datang. Yang buat gue pengen nangis itu waktu temen2 dikamar sampe ketiduran setelah ngebantuin gue ngepack barang. Liat wajah mereka aja pengen nangis, ingat waktu bareng-bareng sama mereka dulu dan besok udah ga bakal bsa bareng lagi.
Mereka ikut ngebantuin bawain barang ke bawah. Pas gue mau pergi ga tega aja liat mereka, yang gue tau pasti Dara itu nangis yang dia sembunyiin dibalik kacamatanya. Jelas kali. Dan Siti sama Dian, ah mereka emang paling hebat buat ga nangis ddepan gue. Tapi dari mata sama pelukan mereka jelas kali kalo batin mereka itu lirih. Sedih.
Gue sempetin bilang sama Mas kalo malam itu juga gue pulang. Dan sebelumnya kami emang buat janji untuk sama-sama menunggu sampai waktunya tiba. Harus ada cerita di waktu kami ketemu nanti pada waktu iitu.
Setelah semua perpisahan usai. Gue memulai awal perjalanan hidup gue didunia nyata. Bukan lagi didunia khayalan yang bisa bebas bermain bersama temen-temen, ketawa lepas.
Semua berganti, yang dihadapi pun berbagai jenis dan tipe manusia.
Status gue dikampus pun udah ga jelas. Gue mungkin masih mahasiswa perguruan tinggi negri itu. Gue masih nyimpan almamater itu.
So proud has been part of them.

Kampus impian, kampus kenangan. Sebentar kali bisa duduk di kampus ini. Sebentar rasanya mengabdi untuk negri sebagai mahasiswa. Sekarang masih tetap mengabdi untuk negri ini, hanya saja sebagai bagian lain yang itu bukan sebagai mahasiswa.
Terima kasih kampusku, banyak pengalaman yang aku dapat dengan waktuku yang singkat bersamamu.
Bangga pernah gunakan almamater ini, pernah jadi bagian mahasiswa tingkat awal. Pernah ukir sejarah bersama orang-orang hebat itu.
Hijau kampusku.
Agribisnis '12, Pertanian, Universitas Andalas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar